Minggu, 02 Juli 2017

Surat Dokumen Kapal

Surat Dokumen Kapal

Surat Dokumen Kapal - Menurut Ibnu Syamsi (2003 : 10) mendeskripsikan prosedur jadi satu rangkaian cara yang sudah jadi alur tetaplah dalam lakukan satu pekerjaan yang sama-sama berkaitan keduanya.
Dalam kamus bhs Indonesia disebutkan kalau prosedur yaitu jalannya satu momen dari pertama hingga akhir. (Js. Badudhu serta Sultan Muhammad Zain) pada th. 2001. Diluar itu diterangkan kalau, prosedur yaitu jalur-jalur yang perlu di tempuh untuk menjangkau maksud.
Sedang menurut Moh. Nasir (1983 : 5), mendeskripsikan prosedur yaitu sebagian posisi yang dikerjakan dalam satu aktivitas.
2. 2. Pengertian Dokumen
Dokumen yaitu kriteria perlu kapal yang perlu di jagalah dengan baik, karna tanpa ada surat-surat itu kapal atau armada tidak dapat lakukan satu pelayaran, (Peter Salim : 1990).
Oleh karenanya satu kapal atau armada untuk melakukan satu pelayaran yang lancar dan aman jadi semuanya kriteria kapal yang ditetapkan mesti dipunyai, karna tiap-tiap Pelabuhan yang disinggahi, dokumen kapal itu akan di check oleh Lembaga berkaitan

2. 3. Pengertian Kapal
Menurut Undang-Undang Pelayaran No 21/Th. 1992 Bab1 (Pasal 1 ayat 2) mengatakan kalau kapal yaitu kendaraan air, bentuk serta type apa pun yang digerakan dengan tenaga mekanik, angin atau dipending termasuk juga kendaraan yang berdayadukung dinamis, kendaraan bawah air dan alat apung serta bangunan terapung yang bisa berpindah-pindah.
a. Kapal yang digerakan dengan tenaga mekanik yaitu kapal yang memiliki alat penggerak umpamanya :
· Kapal Motor
· Kapal Uap
· Kapal tenaga matahari
· Kapal tenaga nuklir
b. Kapal yang digerakan oleh angin yaitu kapal monitor
c. Kapal menunda yaitu kapal yang bergerak dengan memakai alat penggerak atau kapal beda.
d. Kendaraan yang berdayadukung dinamis yaitu type kapal yang bisa dioperasikan diatas air dengan penggerak daya dukung dinamis yang disebabkan oleh kecepatan atau rancangan bangunan kapal tersebut, umpamanya hidrofoil serta kapal cepat yang lain yang mempunyai kreteria spesifik.
e. Kendaraan dibawah permukaan air yaitu type kapal yang bergerak dibawah permukaan air.
f. Alat apung serta bangunan terapung yg tidak berpindah-pindah yaitu alat apung serta bangunan terapung yg tidak mempunyai alat sendiri, dan diletakkan satu tempat perairan spesifik serta tidak berpindah-pindah untuk saat yang lama, umpamanya hotel terapung, tongkang akomodasi untuk mendukung aktivitas terlepas pantai. Sedang dilihat dari sisi niaganya, ada beragam type kapal menurut C. D. Sudjatmiko (1994 : 73) membagi kapal jadi tiga kelompok, yakni :
1. Kapal barang (Cargo Vessel)
Yaitu kapal yang dibuat spesial untuk maksud pengangkutan barang menurut type barang masing-masing
2. Kapal barang penumpang
Yaitu kapal yang dibuat spesial untuk mengangkut barang serta penumpang dengan bersama, kapal seperti ini biasanya dipakai untuk pelayaran antar pulau di mana jarak satu pelabuhan beda sangat jauh.
3. Kapal penumpang (Passenger Vessel)
Yaitu kapal yang dibuat spesial untuk mengangkut penumpang dari satu pelabuhan kepelabuhan yang lain/maksud kapal penumpang yang beroperasi di pelabuhan Bau-Bau Wilker Wanci.
2. 4. Pengertian Pelabuhan
Menurut H. A. Abbas Salim, Ma (1994 : 40) pelabuhan yaitu tempat daerah perairan serta daratan dimana kapal berlabuh dengan aman serta bisa lakukan aktivitas bongkar muat barang dan naik turunnya penumpang.
Setelah itu Menurut Ketentuan Pemerintah No 11 Th. 1983, Pelabuhan yaitu daerah tempat berlabuh serta bertambatnya kapal dan kendaraan air yang lain untuk menaikan serta turunkan penumpang, bongkar muat barang serta hewan dan adalah daerah lingkungan kerja aktivitas ekonomi.
Jadi pengertian Pelabuhan yaitu satu lingkungan kerja yang terbagi dalam ruang daratan serta perairan yang diperlengkapi dengan sarana untuk berlabuh serta bertambat kapal manfaat terselenggaranya bongkar muat barang dan naik turunnya penumpang dari satu moda transportasi laut ke moda transportasi yang lain atau demikian sebaliknya.
Terkecuali dari pengertian itu Ketentuan Pemerintah No 11 Th. 1983 Pasal sub a serta b, menyebutkan pelabuhan yaitu daerah tempat berlabuh atau tempat bertambat kapal laut dan kendaraan air yang lain untuk menambah serta turunkan penumpang serta hewan dan adalah aktivitas ekonomi.
Berdasar pada dari pengertian pelabuhan diatas, baik dikemukakan oleh beberapa pakar ataupun ketentuan pemerintah jadi bisa dipahami kalau pelabuhan adalah tempat kapal mulai pelayaran serta akhiri pelayaran manfaat berisi serta membongkar barang, penumpang serta hewan dengan beragam jenis sarana yang ada.

dokumen kapal tugboat
surat kapal adalah
dokumen kapal perikanan
dokumen kapal tanker
sertifikat keselamatan kapal
dokumen kapal tongkang
sertifikat kapal penumpang
surat keberangkatan kapal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar