Minggu, 03 September 2017

Tugas dan Tanggung Jawab Sekretaris

Tugas dan Tanggung Jawab Sekretaris

Tugas dan Tanggung Jawab Sekretaris - Sekretaris Perusahaan adalah pihak penghubung yang menjembatani kebutuhan pada Perseroan dengan pihak eksternal, terlebih dalam melindungi persepsi umum atas citra Perseroan serta pemenuhan tanggung jawab oleh Perseroan. Sekretaris Perusahaan bertanggungjawab pada Direksi. 

Pengertian Tugas Sekretaris

Peranan Sekretaris Perusahaan meliputi beberapa pekerjaan kesekretariatan Perseroan, hubungan investor serta orang-orang, legal serta penegakan kepatuhan pada otoritas industri serta pasar modal dan ketetapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik. Lewat beragam aktivitas yang terkait dengan umum, Sekretaris Perusahaan ikut melindungi citra Kalbe serta mewakili Direksi dalam tiap-tiap aktivitas komunikasi eksternal, terutama dengan pihak regulator, investor, komune pasar modal serta beberapa pemangku kebutuhan yang lain. 

Sampai sekarang ini, tempat Sekretaris Perusahaan dijabat oleh Bernadus Karmin Winata. 

Peranan Sekretaris Perusahaan meliputi beberapa pekerjaan kesekretariatan Perseroan, hubungan investor serta orang-orang, legal serta penegakan kepatuhan pada otoritas industri serta pasar modal dan ketetapan GCG : 

Melakukan tindakan sebagai wakil Perseroan dalam hubungan dengan semua pemangku kebutuhan dalam mengkomunikasikan aktivitas Perseroan terlebih berkaitan dengan keterbukaan info. 
Mengatur pengelolaan kiat komunikasi eskternal serta internal dengan seluruh pemangku kebutuhan untuk mengemukakan berita dari Perseroan dengan terbuka serta bertanggungjawab dan membuat citra positif Perseroan 
Bertanggungjawab atas pemenuhan kepatuhan pada ketentuan perundangan yang berlaku di bursa dampak serta pasar modal, termasuk juga UU Perseroan Terbatas 
Mengawasi perubahan serta perubahan regulasi yang berlangsung di bagian pasar modal, dan memberi referensi serta input pada Direksi berkaitan efek perubahan perubahan-perubahan itu pada Perseroan dan proses atas perubahan-perubahan tersebut di lingkungan Perseroan 
Bertanggungjawab atas pemenuhan kepatuhan pada perundangan yang berlaku di bursa dampak serta pasar modal berkaitan keterbukaan info 
Bertanggungjawab dalam penyelenggaraan Rapat Direksi, Rapat Direksi dengan Komisaris serta Rapat Umum Pemegang Saham 
Mengatur administrasi kesekretariatan atau korespondensi Direksi pada pihak-pihak yang mempunyai urusan termasuk juga Bapepam-LK serta Bursa Dampak Indonesia 
Mengatasi Hubungan Investor dalam rencana melindungi serta tingkatkan komunikasi pada Perseroan dengan beberapa investor baik di tingkat lokal ataupun internasional 
Mengatasi Hubungan Orang-orang. 
Beragam aktivitas yang dikerjakan oleh Sekretaris Perusahaan diantaranya yaitu : 

Lakukan korespondensi dengan Bapepam serta BEI jadi regulator pasar modal. 
Mengemukakan perubahan komune investor pada Direksi 
Lakukan pertemuan, kunjungan, konferensi serta roadshow dalam rencana merajut hubungan dengan komune investor serta analis 
Mengemukakan perubahan Perseroan pada orang-orang lewat pelaporan keterbukaan info berbentuk tayangan pers, website, dan 
melayani keinginan info yang terkait dengan Perseroan. 
Mengemukakan neraca keuangan berkala serta laporan tahunan pada Bapepam serta BEI dan sediakan laporan itu pada website 
Perseroan dan menginformasikan neraca keuangan tahunan serta neraca keuangan tengah tahunan pada surat berita berperedaran nasional 
Mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan ataupun Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa 
Membuat konferensi pers, pertemuan serta peliputan media 
Mengadakan paparan publik 
Berperan serta dalam beragam aktivitas pasar modal yang diselenggarakan oleh BEI. 
Selain jadi penghubung yang pada Perseroan dengan pihak eksternal, Sekretaris Perusahaan juga membawahi peranan Komunikasi Internal yang bertugas meyakinkan ketersediaan dan aliran info untuk semua karyawan termasuk juga karyawan anak-anak perusahaan serta pelihara jaringan komunikasi internal. 

Sebagian aktivitas yang diperkembang oleh peranan Komunikasi Internal yaitu : 

Pengembangan Intranet Portal 
Intranet Portal Group KALBE yang diberi nama KALBE Family Portal adalah sarana intranet yang bisa dibuka oleh semua karyawan (termasuk juga karyawan di anak perusahaan) yang dikaitkan lewat sarana akses internet. 

KALBE Family Portal memberi beragam info untuk kebutuhan karyawan dan juga memberi akses info untuk mensupport pekerjaan keseharian. Portal ini disediakan agar bisa jadi sarana yang mensupport kesibukan kerja jadi tambah baik, sekalian jadi media info yang efisien. 

E-mail Blast 
E-mail Blast adalah sarana aliran info massal yang ditata pengirimannya, baik pada semua karyawan, ataupun grup karyawan spesifik. Sarana itu adalah fasilitas yang efisien untuk Perseroan untuk mengemukakan info dengan cepat serta menyeluruh pada semua karyawan Kalbe serta anak perusahaan di beberapa tempat yang menyebar di semua Indonesia. 

Hubungan Investor 

Sekretaris Perusahaan juga mengatasi Hubungan Investor dalam rencana melindungi serta tingkatkan komunikasi pada Perseroan dengan beberapa investor baik di tingkat lokal ataupun internasional. Peranan Hubungan Investor diantaranya sediakan info terbaru berkaitan kemampuan usaha Perseroan serta pandangan masa depan yang menolong investor dalam ketentuan investasi pada saham Perseroan. 

Penebarluasan info dikerjakan segera pada investor ataupun pada beberapa analis pasar modal berbentuk tayangan pers, presentasi serta penyelenggaraan pertemuan analis serta investor dengan berkala. Hubungan Investor dengan berkala berjumpa dengan analis, investor dan fund manager dalam rapat ataupun partisipasi Perseroan dalam Komunitas Investor, diantaranya yang diadakan di Jakarta, Singapura, Malaysia, Hong Kong, Jepang, Amerika Serikat serta Inggris. 

Dasar Hubungan Investor PT Kalbe Farma Tbk 

Keterbukaan Info 

Sesuai sama prinsip transparansi serta pemenuhan tanggung jawab atas kepatuhan pada ketentuan perundangan yang berlaku di bursa dampak serta pasar modal berkaitan keterbukaan info, Kalbe selalu mengemukakan info yang terbaru berkaitan tiap-tiap perubahan yang berlangsung di Perseroan yang di sampaikan pada pemegang saham serta pihak otoritas pasar modal lewat beragam jalur komunikasi untuk meyakinkan komunikasi yang efisien. Terkecuali pelaporan segera pada pihak otoritas pasar modal serta bursa, info di sampaikan pada pemegang saham pada umumnya lewat pengumuman BEI serta di mass media. 

Akses Info serta Data Perseroan 

Penebaran info pada semua stakeholders adalah sisi perlu dari penambahan prinsip transparansi info dengan internal serta eksternal, yang diinginkan menolong, melindungi serta tingkatkan pengetahuan, pemahaman serta persepsi positif dari stakeholders pada kebijakan serta aktivitas Kalbe. Kalbe sediakan fasilitas portal info lewat website Perseroan di www. kalbe. co. id dalam Bhs Indonesia serta Bhs Inggris. 

Jadi bentuk kepatuhan pada keterbukaan info, Kalbe selalu lakukan pelaporan juga akan info serta kenyataan material lewat surat pada Bapepam-LK serta electronic reporting pada Bursa Dampak Indonesia. Keterbukaan info Perseroan yang di sampaikan lewat electronic reporting ada di website Bursa Dampak Indonesia (www. idx. co. id). 

tersedianya Tayangan Pers di Website 

Kalbe dengan aktif lakukan publikasi dari tiap-tiap tindakan korporasi yang dikerjakan lewat tayangan pers dalam dua bhs, Bhs Indonesia serta Inggris. Tayangan pers itu ada di website Perseroan. 

E-mail Perusahaan (Kontak Us) 

Kalbe juga selalu membina jalur komunikasi yang terbuka lewat peranan ‘contact us’ pada website Perseroan atau lewat e-mail ke cor. comm@kalbe. co. id untuk mengakomodir beragam pertanyaan tentang Perseroan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar